KERAJAAN KUTAI

Minggu, 22 Maret 2015

Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua yang berada di Indonesia yang bercorak Hindu kerajaan ini berdiri sekitar abad ke 4 letak kerajaan ini berada di sungai hulu sungai Mahakam Kalimantan Timur sumber-sumber dari kerajaan ini bersaal dari 7 yupa yang di temukan dalam yupa-yupa yang di temukan ini menggunakan bahasa penulisan sansekerta dan huruf pallawa dan dari yupa ini lah dapat di ketahui kalau kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua yang bercorak Hindu yang pernah berdiri di Indonesia pada abad ke 4.
Kerajaan Kutai sendiri pertama kali di dirikan oleh raja Kudungga dan raja Kudungga ini memiliki anak yang bernama Asmawarman setelah raja kudungga tidak lagi menjadi raja kedudukannya di gantikan oleh Asmawarman  lalu Asmawarman memliki anak  yang bernama Mulawaran dan pada pemerintahan raja Mulawarman ini lah kerajaan Kutai mencapai masa kejayaannya raja Mulawarman sendiri di kenal sebagai raja yang baik,bijaksana dan darmawan ia di kisahkan pernah memberi 20.000 ekor sapi kepada Brahma.
Pada masa itu rakyat memiliki mata pencarian utama yaitu dalam bidang perdagangan karena letak kerajaan ini yang berada di jalur perdagangan dan juga terletak di antara Indonesia timur dan barat otomatis pada masa itu banyak para pedagang yang melewati jalur ini rakyat pada masa itu pun telibat dalam perdagangan Nasional dan Internasional dan supaya barang dagangan mereka sendiri laku mereka mencari barang-barang ke daerah lain yang laku dalam perdagangan Internasional.
Kerajaan ini sendiri memliki kekuasaan yang cukup luas yaitu hampir seluruh wiayah Kalimantan Timur.
Berikut ini adalah raja-raja yang pernah memerintah di dalam kerajaan Kutai pada waktu masih berdiri  
  1. Maharaja Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri)
  2. Maharaja Aswawarman (anak Kundungga)
  3. Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman)
  4. Maharaja Marawijaya Warman
  5. Maharaja Gajayana Warman
  6. Maharaja Tungga Warman
  7. Maharaja Jayanaga Warman
  8. Maharaja Nalasinga Warman
  9. Maharaja Nala Parana Tungga
  10. Maharaja Gadingga Warman Dewa
  11. Maharaja Indra Warman Dewa
  12. Maharaja Sangga Warman Dewa
  13. Maharaja Candrawarman
  14. Maharaja Sri Langka Dewa
  15. Maharaja Guna Parana Dewa
  16. Maharaja Wijaya Warman
  17. Maharaja Sri Aji Dewa
  18. Maharaja Mulia Putera
  19. Maharaja Nala Pandita
  20. Maharaja Indra Paruta Dewa
  21. Maharaja Dharma Setia
Kerajaan Kutai berakhir saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan melawan Aji Pangeran Sinum Panji yang merupakan Raja dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Kerajaan Kutai dan Kerajaan Kutai Kartanegara merupakan dua buah kerajaan yang berbeda. Kerajaan Kutai Kartanegara berdiri pada abad ke-13 di Kutai Lama. Terdapatnya dua kerajaan yang berada di sungai Mahakam tersebut menimbulkan friksi diantara keduanya. Pada abad ke-16 terjadi peperangan diantara kedua Kerajaan tersebut.

      

0 komentar:

Posting Komentar